Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL)

Permasalahan limbah adalah masalah bersama. Karena setiap makhluk hidup pasti menghasilkan limbah. Namun kebanyakan limbah dihasilkan oleh kegiatan industri, rumah sakit dan kegiatan rumah tangga.  Buruknya penangan limbah di sebuah lingkungan maka akan mengakibatkan turun pula kualitas hidup masyarakat yang berada di sekelilingnya.

Pemerintah dalam Peraturan Pemerintah No.74 tahun 2001 tentang pengelolaan Bahan Berbahaya dan Beracun telah mengatur segala hal yang berkaitan limbah dan pengolahannya. Bagi yang melanggarnya akan mendapatkan sanksi pidana.

Sanksi pidana limbah

Seiring dengan pesatnya pembangunan, hal ini sudah pasti akan mempengaruhi kondisi alam. Pencamaran pada lingkungan mengakibatkan sulitnya mendapatkan sanitasi lingkungan dan semakin sulitnya mendapatkan air bersih dari air tanah disekitarnya.

Salah satu sarana untuk mengatasi masalah limbah adalah dengan melakukan instalasi pengolahan air limbah (IPAL) atau WasteWater Treatment Plant (WWTP).

Menurut wikipedia, Instalasi pengolahan air limbah (IPAL) adalah sebuah struktur yang dirancang untuk membuang imbah biologis dan kimiawi dari air sehingga memungkinkan air tersebut dipergunakan pada aktivitas lain.  Fungsi dari IPAL mencakup:

  1. Pengolahan air Limbah pertanian, untuk membuang kotoran hewan, residu pestisida dan sebagainya dari lingkungan pertanian
  2. Pengolahan air limbah perkotaan, untuk membuah limbah manusia dan limbah rumah tangga lainnya
  3. Pengolahan Limbah industri, untuk mengolah limbah cair dari aktivitas manufaktur sebuah industri dan komersial, termasuk juga aktivitas pertambangan.

Fasilitas pengolahan limbah bisa didesain menjadi fasilitas pengolahan tunggal yang mampu melakukan bergam fungsi.

Daam membuat perencanaan instalasi pengolahan limbah, terdapat dua tujuan akhir:

Pertama, Dibuang (disposal) yaitu air di kembalikan ke siklus air di lingkungan sekita sehingga dapat dipergunakan kembali sebagai air baku.

Kedua, Digunakan kembali (reuse) disebut reklamsi air (water reclamation), sehingga air yang dikeluarkan dapat langsung dipergunakan.

Untuk mendapatkan pelayanan jasa pengolahan air limbah dapat langsung menghubungi PT. Mitra Bening Malyno. Sudah berpengalaman sejak tahun 1992 dan tidak pernah mengecewakan. Jika melakukan konsultasi terlebih dahulu maka penanganan akan lebih efektif dan hemat biaya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

BizStudio by Sketch Themes